INSPIRASI PAGI SEMBARI MINUM TEH

Jumat, 21 Agustus 2015

Antara Dian Sastro, Ririn 'Cinta' dan Secret Admirer


Munculnya 'Secangkir Teh' rutin setiap pagi -- di fanpage 'MasPrie' dan akun facebook 'Sugeng Pribadi' -- ternyata berbanding lurus dengan banyaknya usulan dan saran yang masuk ke akun whatsapp, bbm dan inbox fb saya. Artinya, mau tidak mau, saya harus merespon satu persatu. Bahkan, ada keuntungan tersendiri dari (makin) banyaknya saran dan komentar yang masuk, yaitu bisa dijadikan inspirasi dan bahan tulisan berikutnya.

Salah satunya adalah dari Bunda Raisha. Teman di salah satu komunitas penulis -- sejak awal tahun 2000-an -- yang kini jadi Psikolog di Jakarta. Lewat media whatsapp, Bunda Raisha menyampaikan hal yang menurut saya cukup mengejutkan, karena tidak saya duga.

Karena panjang, dan agar esensinya tetap dapat, berikut transkrip 'obrolan' tersebut, yang sudah saya sunting. Beberapa basa-basi awal saya potong, penulisan kata yang disingkat dan kata bahasa daerah juga saya 'sesuaikan'. Untuk memudahkan, (BR) = Bunda Raisha, (MP) = Mas Prie.

(BR) = Salut Mas. Akhirnya kesampaian ya nulis rutin tiap hari. Aku termasuk pembaca setia lho, meski kadang malam baru bisa bacanya.

(MP) = Hiya Mbak, thanks ya. Kritiknya dong, hehehe

(BR) = Apa ya? Gini, salah satu tulisan Mas Prie ada yang terjebak dengan memori pribadi sehingga membuat inkonsistensi yang memang sepertinya disengaja, tersamar tapi mudah ditebak. Itu lho, yang tentang filmnya Dian Sastro.

(SP) = Waduh.. koq gitu? Emang ada yang janggal Mbak?

(BR) = Nah kan, masih pura-pura dan belum mau ngaku ya. Sederhana, saya kenal karakter tulisan Mas Prie sudah lama, selalu detail dan teliti dalam data. Tiba-tiba nulis film tapi foto ilustrasi sinetron, ini aneh. Ada dua kemungkinan, memang nge-fans sama Ririn, atau pernah punya secret admirer yang mirip Ririn.

(SP) = Hahaha bisa aja ah, kebetulan aja kali Mbak, kayak cenayang beneran nih...

(BR) = Yo wis kalo gak mau ngaku, ini kan kritik, yang aku sesuaikan dengan bidang keilmuanku. Tenang aja, gratis koq, diluar jam praktek, hehehe.. guyon Mas!

(SP) = Suwun Mbak, bisa untuk materi tulisan selanjutnya nih...

(BR) = Boleh.. boleh.., nanti nama asliku disamarkan ya, Mawar atau apa gitu.., suaraku juga tolong dibuat seperti Muppet, dan gambar wajahku agak di blur. Jangan lupa royaltinya.., hahaha..

Begitulah, sebuah kritik 'serius' kadang diucapkan dengan gaya bercanda, tapi mengena. Setidaknya ada tiga hal yang saya dapat dari pembicaraan tersebut. Pertama, tidak dapat dipungkiri bahwa suasana hati kadang tidak bisa dipisahkan dengan apa yang sedang kita kerjakan (baca: menulis). Bunda Raisha benar, mestinya saya memasang foto Dian Sastro -- atau yang berhubungan dengan film AADC -- dalam tulisan saya tersebut, bukan Ririn Dwi Ariyanti, meski sama-sama memerankan 'Cinta'.

Kedua, ini masalah nge-fans Ririn Dwi Ariyanti. Bisa jadi 'dugaan' Bunda Raisha juga benar. Dalam menggambarkan sosok 'Cinta' dengan detail di tulisan saya -- tanpa meremehkan akting Dian Sastro di versi layar lebar -- referensinya adalah karakter (yang diperankan) Ririn dalam serial sinetron AADC. Saya melihat Ririn cukup natural dalam memerankan 'aktivis' sekolah, dunia yang saya geluti saat SMA. Sehingga bisa menggiring saya ke memori masa-masa indah di sekolah. Hal yang wajar kalau penikmat film (dan sinetron) kemudian nge-fans pada artis yang dianggap punya karakter & disukai.

Nah, yang ketiga -- masalah 'secret admirer -- ini yang agak berat dan nervous untuk menjelaskan. Karena 'secret admirer' pada dasarnya adalah 'pengagum rahasia' pada seseorang. Ya, cuma bisa mengagumi orang secara diam-diam, tanpa 'admiring' (yang dikagumi) tahu kalau kita kagumi. Pokoknya kagum dan senangnya disimpan dalam hati, tanpa siapapun tahu.

Lantas, apakah saya pernah menjadi 'secret admirer' saat sekolah (SMP atau SMA) pada siswi yang mirip Ririn Dwi Ariyanti, saya lupa-lupa ingat. Yang pasti dalam akhir tulisan saya tempo hari, jelas tertulis di SMA saya tidak ada siswi yang secantik dan sejenjang 'Cinta'. Kalau di SMP? Entahlah...

Share:

0 komentar:

Page View

Mas Prie

Mas Prie
Aku suka menulis sejak SD. Bahkan, ketika sudah berkeluarga -- dan dikaruniai 3 orang putra putri -- hobi menulis tetap aku lakukan. Sebagai wiraswasta yang tinggal di Bogor, aku sangat menikmati dunia tulis menulis ini.

Popular Posts

Cari di Blog Ini

@SUGENG PRIBADI. Diberdayakan oleh Blogger.

Statistik Blog

  • SEO Stats powered by MyPagerank.Net
  • Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net My Ping in TotalPing.com

    Arsip Tulisan

    "LIKE" Blog ini

    Pengikut

    Follow by Email

    Copyright © Secangkir Teh Mas Prie | Powered by Blogger Design by PWT | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com