INSPIRASI PAGI SEMBARI MINUM TEH

Kamis, 13 Agustus 2015

Sebuah Teladan dari Cinta... (dan Rangga?)


Memasuki minggu ke-3 rubrik ini menyapa anda, ada satu -- dari beberapa yang masuk ke inbox fb saya -- saran yang cukup unik, karena meminta saya untuk mereview film-film yang bisa menginspirasi pembaca 'Secangkir Teh' pada khususnya. Karena menurutnya, film layar lebar yang ada saat ini sangatlah layak untuk menjadi salah satu media 'pembelajaran' dalam kehidupan kita.

Tidak sulit memang. Saat ini, begitu banyak film yang yang inspiratif, lokal maupun asing, yang bisa kita ambil hikmah setelah menontonnya. Karena pada dasarnya, sebuah film dibuat bukan sekedar untuk hiburan semata, pasti ada 'pesan moral' yang ingin disampaikan. Kalau mau ambil contoh film Indonesia, 'Ainun Habibie' misalnya, atau -- yang masih tayang saat ini -- 'Surga yang Tak Dirindukan' bisa dijadikan contoh film nasional yang menguras emosi dan sarat pembelajaran hidup seperti yang diinginkan tadi.

Cuma, karena yang 'mengajukan usul' setahu saya adalah pegiat OSIS saat SMA dulu -- dan pembaca rubrik ini mayoritas usia yang selalu 'merindukan' masa-masa jaman remajanya -- maka saya coba memberikan ulasan ringan terhadap film inspiratif yang bergenre remaja dan sedikit jadul.

Yang pertama, film tahun 80-an yang dibintangi Rano Karno dan Yessie Gusman. Judulnya 'Gita Cinta dari SMA'. Meski lebih kental dengan cerita asmara dua remaja SMA, antara Galih (Rano Karno) yang berasal dari keluarga kebanyakan tapi ulet, pantang menyerah dan pintar di sekolah, dengan Ratna (Yessie Gusman) yang cantik dan dari keluarga kaya. Hubungan yang tak direstui, perjodohan Ratna dan perjuangan Galih untuk menggapai cita-cita, mampu mengaduk emosi dan air mata penonton.

Dan yang membuat film ini mendapat nilai plus, adalah mampu menginspirasi remaja saat itu untuk 'hidup sederhana' seperti Galih. Yang tadinya pakai sepeda motor, beralih ke sepeda dayung, supaya bisa (seolah-olah) seperti tokoh Galih. Tentu saja, yang terpenting adalah semangat pantang menyerah dalam menggapai cita-cita, meski dari keluarga miskin sekalipun. Film yang diangkat dari cerita bersambung di majalah Gadis -- karya Eddy D. Iskandar -- ada sekuel lanjutannya, yaitu 'Puspa Indah Taman Hati'.

Film yang kedua, masih dengan genre yang sama, adalah 'Ada Apa Dengan Cinta (AADC)' yang dibintangi Dian Sastro Wardoyo (Cinta) dan Nicolas Saputra (Rangga) di awal tahun 2000-an. Yang kemudian dibuat versi serial sinetronnya, dengan Ririn Dwi Ariyanti sebagai Cinta. Sekilas, tak ada yang istimewa, selain cerita dan penggambaran dunia remaja yang natural, didukung pemainnya yang cantik dan ganteng.

Benar, tetapi perhatikan penggambaran sosok Cinta dengan seksama. Berlatar belakang keluarga kaya, cantik, aktif di ekstrakurikuler sekolah, tidak sombong, berpenampilan sederhana, punya prinsip dan jiwa leadership, dan berpacaran 'sehat' dengan Rangga (penggambaran lengkap ada dalam versi sinetronnya). Saya yakin, banyak anak-anak SMA, sepuluh tahun lalu, yang 'bermimpi' menjadi Cinta. Sosok ideal yang 'mematahkan' paradigma pola hidup hedonisme di kalangan remaja. Sangat inspiratif!

Sekarang, coba bandingkan dengan remaja saat ini -- yang seusia Cinta dan masih SMA -- adakah yang seperti itu? Hampir tidak menemukan, karena remaja sekarang cenderung santai menikmati dunianya sendiri, apalagi fasilitas dan lingkungan mendukungnya. Lagi-lagi sebuah pola hidup hedonisme.

Sambil menulis ini, saya juga membayangkan, adakah jaman SMA saya dulu punya teman yang (kisahnya mirip-mirip) Galih atau Cinta? Hmmm, ternyata yang hidupnya mirip Galih banyak, karena saat itu jaman susah & ke sekolah bersepeda semua (tapi tidak ada yang mendapat pacar secantik Ratna). Yang aktif dan bersahaja seperti Cinta juga ada (tapi tidak cantik & berbadan jenjang seperti Dian Sastro). Maklumlah, SMA saya di sebuah kecamatan yang terpencil, hehehe....

Share:

0 komentar:

Page View

Mas Prie

Mas Prie
Aku suka menulis sejak SD. Bahkan, ketika sudah berkeluarga -- dan dikaruniai 3 orang putra putri -- hobi menulis tetap aku lakukan. Sebagai wiraswasta yang tinggal di Bogor, aku sangat menikmati dunia tulis menulis ini.

Popular Posts

Cari di Blog Ini

@SUGENG PRIBADI. Diberdayakan oleh Blogger.

Statistik Blog

  • SEO Stats powered by MyPagerank.Net
  • Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net My Ping in TotalPing.com

    Arsip Tulisan

    "LIKE" Blog ini

    Pengikut

    Follow by Email

    Copyright © Secangkir Teh Mas Prie | Powered by Blogger Design by PWT | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com