INSPIRASI PAGI SEMBARI MINUM TEH

Selasa, 01 September 2015

Organisasi Itu Seperti Pacar, Selalu Bikin Kangen


Agar tidak bias, di awal tulisan perlu dijelaskan, bahwa organisasi yang saya maksud -- dan akan dibahas -- adalah spesifik organisasi kegiatan ekstrakurikuler, yang ada di sekolah ataupun kampus. Sebuah organisasi yang tentunya sudah familiar bagi (mayoritas) pembaca, terlepas apa bentuk kegiatannya.
Terus terang, tulisan ini terinspirasi artikel yang ditulis tim trainer 'Experd' di Kompas Karir, beberapa hari berselang. Dan sekaligus untuk menjawab 'kegelisahan' sebagian pembaca 'Secangkir Teh', teman-teman sesama (mantan) anggota organisasi, yang dulu pernah berkegiatan di sekolah ataupun kampus dengan saya.
Kegelisahan, yang berupa keinginan sederhana, yaitu saya diminta menulis tentang organisasi yang menjadi wadah 'caracter building' di level sekolah atau kampus. Tentu saja -- nama organisasi -- tidak bisa saya sebut secara spesifik, karena ada banyak kegiatan yang (pernah) saya ikuti, baik di level sekolah menengah maupun perguruan tinggi. Pokoknya organisasi secara umum, begitulah.
Saya mulai dari ilustrasi ringan seperti ini: Karena sulit melupakan organisasi yang pernah digeluti di kampus, seorang lelaki paruh baya -- yang kini bekerja -- di sebuah BUMN, tiap berangkat kerja rela memutar lebih jauh, agar bisa melewati 'markas' organisasinya dulu. Ya, hanya untuk melihat dan mengingat, bahwa dulu dia pernah menjadi bagian penting di organisasi itu.
Ada lagi, seorang karyawati travel, tiap hari menyempatkan buka facebook, hanya untuk melihat aktivitas dan perkembangan organisasi sekolah yang pernah diikuti, tanpa menulis atau komentar apapun. Baginya, melihat grup organisasinya itu secara rutin, sudah cukup mengobati rasa rindunya.
Nah, dari dua ilustrasi diatas, muncul sebuah pertanyaan, kenapa organisasi selalu dirindukan (mantan) anggotanya?
Begini, ada keyakinan dari banyak penulis manajemen bahwa, "organizations are not machines; they are as unpredictable, unruly, self-organizing, and even sentient as any living beings". Maaf, saya belum sempat mencari terjemahannya. Tapi intinya, organisasi itu hidup seperti manusia, ada hal rutin dan teratur didalamnya, yang akan membuat anggotanya selalu merindukannya.
Misalnya, berbagi suka dan duka dalam setiap aktivitas, diskusi dan begadang sampai malam untuk mempersiapkan sebuah kegiatan, atau sekedar kebiasaan makan siang bersama-sama di sekretariat, yang kesemuanya bisa menjadi kekuatan emosional dalam organisasi. Disinilah bisa dilihat, banyak hal yang menguatkan dan memberi warna dalam organisasi. Bukan hanya sekedar struktur, prosedur, aturan, visi dan misi, serta deskripsi tugas semata.
Seperti disampaikan Eileen Rachman & Emilia Jacob dari Experd, bagaimanapun juga organisasi bisa berfungsi layaknya orangtua, yang mengolah, membentuk dan menempa kepribadian individu di dalamnya, dan terus dibawanya meski ia sudah tidak lagi berada di organisasi itu. Sehingga, adanya hubungan emosional antara organisasi dan individu-individu anggotanya, menyebabkan kita tidak bisa melupakan organisasi tersebut.
Itulah sebabnya, banyak yang tidak bisa lepas dari 'eks' organisasinya, seolah jadi anggota seumur hidup, meski secara struktur sudah tidak ada ikatan apapun. Bahkan, kalaupun ada reuni organisasi, momentum tersebut sering disambut alumninya bak 'Cinta Lama Bersemi Kembali' (CLBK). Bukan cinta individu dengan individu, tetapi individu dengan organisasi.
Jadi, kalau anda masih (selalu) dihinggapi rindu pada organisasi yang pernah anda ikuti, jangan malu atau risau. Karena, itu menandakan, organisasi tersebut sudah berfungsi & berjalan dengan baik. Asal, jangan rindu dalam bentuk lain, misalnya pada individu yang (pernah) ada di organisasi tersebut. Itu bisa lain ceritanya, bahaya!

Share:

0 komentar:

Page View

Mas Prie

Mas Prie
Aku suka menulis sejak SD. Bahkan, ketika sudah berkeluarga -- dan dikaruniai 3 orang putra putri -- hobi menulis tetap aku lakukan. Sebagai wiraswasta yang tinggal di Bogor, aku sangat menikmati dunia tulis menulis ini.

Popular Posts

Cari di Blog Ini

@SUGENG PRIBADI. Diberdayakan oleh Blogger.

Statistik Blog

  • SEO Stats powered by MyPagerank.Net
  • Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net My Ping in TotalPing.com

    "LIKE" Blog ini

    Pengikut

    Follow by Email

    Copyright © Secangkir Teh Mas Prie | Powered by Blogger Design by PWT | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com